Thursday, October 22, 2015

11 Menu di Blogger yang Harus Anda Ketahui

blogdikit.blogspot.com - Menu-menu yang ada di blogger - Setelah membuat blog, sebagai seorang blogger pemula, amat penting untuk mengetahui menu-menu yang ada di blogger dan kegunaan masing-masing menu tersebut.

Jika anda masuk ke www.blogger.com lalu klik nama blog anda, maka akan muncul tampilan berikut:

Menu Blogger

Ya, gambar di atas adalah tampilan menu-menu yang ada di blogger. Berikut ini adalah penjelasan 11 menu yang ada di blogger yang harus diketahui oleh seorang blogger pemula:

1. Ikhtisar


Menu blogger yang pertama adalah ikhtisar. Di menu ikhtisar ini anda dapat melihat ringkasan dari blog anda di antaranya adalah:
  • grafik statistik pengunjung blog anda. Pada menu ikhtisar ini anda dapat melihat ringkasan tampilan jumlah pengunjung anda tiap harinya.
  • Komentar menunggu moderasi, yaitu komentar yang sudah dipublished oleh penulis komentar/pengunjung blog anda, namun belum disetujui oleh anda (belum diputuskan apakah akan ditampilkan di blog atau dihapus). Mengatur komentar akan dibahas pada menu "Setelan".
  • Komentar diterbitkan, yaitu semua komentar yang sudah anda setujui untuk diterbitkan dan tampil di blog anda.
  • Penayangan hari ini, yaitu jumlah penayangan blog anda dalam hari sekarang.
  • Pos, yaitu jumlah pos atau tulisan blog anda yang telah diterbitkan, atau banyaknya tulisan anda yang telah diterbitkan pada blog anda.
  • Pengikut, menampilkan banyaknya pengikut blog anda.

2. Pos


Menu pos di blogger berisi semua posting yang telah anda buat, baik itu yang masih berupa draft ataupun yang sudah anda terbitkan. Jumlah posting yang telah anda buat dapat dilihat di menu ini.

Menu di Blogger - Pos
Selanjutnya, jika pointer mouse anda mengarah ke nama postingan yang anda buat maka akan muncul pilihan:

a. Edit: digunakan untuk mengedit postingan yang telah dibuat.
b. Lihat: digunakan untuk melihat postingan yang telah anda buat di blog anda.
c. Berbagi: digunakan untuk berbagi informasi tentang tuliasan yang anda buat di Google+.
d. Hapus: digunakan untuk menghapus postingan yang telah dibuat.

Untuk menghapus sebuah postingan, selain menghapus postingan lewat blogger, anda juga harus menghapus url blog anda di Google Webmaster Tools agar postingan yang telah anda hapus juga dihapus dari mesin pencarian google.

3. Laman/Page


Laman hampir sama dengan pos, hanya saja laman ini merupakan halaman static. Setelah anda memposting laman anda, laman tersebut tidak akan muncul di home blog anda. Laman ini biasanya digunakan untuk membuat daftar isi (sitemap), privacy policy, disclaimer, dan sejenisnya.

Untuk menampilkan laman bisa digunakan dengan cara masuk ke menu tata letak, tambah gadget, dan pilih laman/page.

4. Komentar


Di menu komentar ini anda dapat melihat lebih detil semua komentar di blog anda, baik yang masih menunggu moderasi, telah diterbitkan, maupun komentar yang dianggap spam oleh blogger.

Anda harus rajin-rajin mengecek komentar yang ada di spam, takutnya ada komentar yang sebenarnya bukan spam tapi dianggap spam oleh blogger. Padahal komentar tersebut membutuhkan jawaban anda.

Menjawab komentar pengunjung dengan baik akan menciptakan kesan yang baik bagi pengunjung anda.

5. Google+


Menu Google+ digunakan untuk mengaitkan blog anda dengan google+ anda. Seperti pernah saya singgung sebelumnya, Google+ merupakan salah satu media sosial sejenis facebook yang dimiliki oleh Google.

Pada menu Google+ ini anda dapat mengatur kaitan blog anda dengan Google+ anda:

Menu blogger Google+
a. untuk mengaitkan blog anda dengan Google+ anda tinggal klik nama Google+ anda.

b. Anda juga dapat menonaktifkan tautan dengan Google+ anda. Jika pilihan ini yang anda pilih maka profil anda yang muncul di blog adalah profil nama email anda, bukan Google+.

c. Bagikan secara otomatis setelah mengeposkan digunakan agar setiap kali anda selesai memposting tuliasan anda, secara otomatis Google+ akan membagikan tulisan anda di Google+ anda.

c. Ingatkan untuk berbagi setelah mengeposkan digunakan agar setiap kali kita memposting tulisan kita, maka akan muncul konfirmasi apakah akan dibagikan di google+ atau tidak.

d. Gunakan Google+ Komenter digunakan agar komentar di blog anda menggunakan Google+. Anda pasti sering melihat di bawah tulisan blog ada yang komentarnya menggunakan bawaan blogger, ada yang menggunakan facebook, dan ada juga yang menggunakan google+.

6. Statistik


Menu statistik sangat berguna untuk memantau tayangan blog anda tiap waktu. Dari menu statisik ini anda dapat mengetahui:
  • Berapa tayangan blog anda tiap menit ke menit.
  • Berapa tayangan blog anda hari ini.
  • Berapa tayangan blog anda hari kemarin.
  • Berapa tayangan blog anda bulan lalu.
  • Berapa tayangan blog anda dari awal membuat blog sampai dengan saat ini.
Statistik tayangan blog anda dilengkapi dengan grafik yang sangat jelas.

Dari statistik ini juga anda dapat melihat mana saja tulisan anda yang paling banyak dibaca oleh pengunjung blog anda.

Selanjutnya anda dapat melihat sumber lalu lintas blog anda apakah dari google, dari media sosial, dari blog lain, atau dari sumber lainnya. Anda juga dapat melihat kata kunci apa yang digunakan untuk merujuk ke blog anda.

Terakhir anda dapat melihat darimana pengunjung anda berasal,

7. Penghasilan



Menu penghasilan digunakan untuk mendaftar Google Adsense lewat Blogger. Untuk blog yang baru anda buat biasanya tidak langsung muncul menu ini. Untuk memunculkan menu Penghasilan di Blogger, anda harus setting bahasa dahulu.

Menampilkan Menu Penghasilan di Blogger

Pertama-tama pilih menu setting atau setelan, di bawah sendiri dari menu blogger. Lalu pilih submenu "Bahasa dan Pemformatan". Selanjutnya untuk Bahasa pilih "Inggris (Amerika Serikat) - English (United States) seperti pada gambar.

Setelah setting bahasa dipilih, jangan lupa klik simpan setelan, dan setelah itu tinggal close browser anda dan terakhir masuk lagi ke blogger. Maka menu penghasilan kini telah muncul di blogger anda.

8. Kampanye


Menu kampanye digunakan untuk membuat iklan di Google Adwords. Bagi anda yang ingin mengiklankan blog anda dengan menggunakn Google Adwords bisa menggunakan menu ini, dengan membayar sejumlah uang tertentu pastinya.

Iklan-iklan yang ditampilkan oleh Google Adsense adalah iklan-iklan yang berbayar yang ada di Google Adwords.

9. Tata Letak


Tata Letak sangat banyak manfaatnya. Dari menu tata letak ini anda dapat mengatur tampilan blog anda. Ada banyak gadget yang bisa anda tambahkan untuk menambah bagus tampilan blog anda atau untuk menambah navigasi blog anda.

Dari menu tata letak ini, anda bisa memasang iklan anda. Tinggal klik tambahkan gadget, lalu pilih HTML/Javascript, lalu masukkan kode iklan anda dan save. Maka iklan akan tampil di blog anda.

Dari menu ini juga anda dapat membuat recent post, random post, popular post, facebook page button, label, arsip blog, dan fungsi-fungsi lainnya. Anda dapat menambahkan gambar, link-link penting, pada menu ini.

10. Template


Menu template digunakan untuk mengatur template blogger anda. Anda dapat menggunakan template blog bawaan dari blogger, atau menggunakan template anda sendiri, baik yang gratis ataupun yang berbayar.

Template blogger sendiri sudah sangat banyak dibagi oleh para pembuatnya, baik free maupun premium. Untuk blogger Indonesia, anda dapat memperoleh template blogger gratis ini dari mas sugeng, kang ismet, mba arlina, atau dari kompi males.

Meskipun template blogger ini sudah sangat banyak sekali dan sangat mudah anda dapatkan di internet, jangan lupa untuk memilih template blogger yang SEO dan Responsif.

Template blog yang SEO bermanfaat agar blog anda mudah dan cepat terindeks dan muncul di halaman pencarian Google. Sedangkan template blog yang responsif berguna agar blog anda mobile friendly.

11. Setelan


Menu terakhir yang ada di blogger adalah Setelan atau Setting. Menu ini digunakan untuk mengatur blog anda mulai dari Judul Blog, Deskripsi blog, Domain atau nama blog, mengatur pos dan komentar, bahasa, pengaturan penelusuran, dan juga property web analityc.

Dari menu setelan ini anda dapat mengatur agar blog anda lebih SEO, lebih mudah masuk ke dalam mesin pencarian.

Jika anda ingin berganti domain dari blogspot.com menjadi .com, .net, .id, .org, .info, dan domain-domain berbayar lainnya, dan tetap ingin menggunakan blogger sebagai hosting blog anda, maka dari menu setelan inilah anda mengaturnya.

Dengan modal sekitar 100ribu per tahun anda sudah bisa memiliki blog dengan domain.com, domain.net, dan sebagainya dengan menggunakan hosting gratis dari Google ini.


Itulah tadi menu-menu yang ada di blogger yang harus diketahui oleh para blogger pemula. Salam Blogger.

Romeltea Media
Blogging Updated at:
Get Free Updates:
*Please click on the confirmation link sent in your Spam folder of Email*

1 comments so far. What are your thoughts?

 
back to top