Monday, October 26, 2015

Cara Menyimpan File di Google Sites Terbaru Tanpa Ribet

Cara Menyimpan File di Google Sites Terbaru Tanpa Ribet - Jika anda punya file-file atau data-data tertentu, apapun itu bentuknya, bisa foto, file kerja, ebook, aplikasi, dan lain-lain, yang berharga buat anda, maka anda tidak cukup hanya menyimpannya di komputer anda.

Anda harus mempunyai back up file-file tadi baik secara offline maupun online.

Back up file secara offline bisa anda lakukan dengan menyimpan file tersebut pada flashdisk, hardisk eksternal, komputer atau laptop lain.

Back up file secara offline mempunyai kekurangan terutama dalam hal mobilitas. Anda harus membawa media penyimpanan tersebut kemana-mana untuk mengakses file yang disimpan di dalamnya.

Sedangkan back up file secara online dilakukan dengan menyimpan file-file data penting anda di media penyimpanan online. Salah satu media penyimpanan data online yang disediakan oleh Google adalah Google Sites.

Memang tidak hanya Google Sites, Google juga punya media penyimpanan data online lainnya yang diberi nama Google Drive. Anda tentunya sudah tidak asing lagi dengan Google Drive.

Berbeda dengan back up file secara online. Menyimpan file secara online di media penyimpanan online memberikan berbagai kemudahan, di antaranya:

  • Mobilitas yang tidak terbatas. Di manapun anda berada, anda dapat mengakses file tadi asalkan ada koneksi internet. Kapanpun anda perlu, anda tinggal mendownloadnya.
  • Risiko kehilangan data bisa diminimalkan. Menyimpan data secara online memberikan rasa keamanan tersendiri karena risiko kerusakan kecil. Berbeda dengan menyimpan data secara offline, perangkat keras seperti komputer, flashdisk, hardisk, bisa kapan saja rusak dan data bisa hilang.
  • Memudahkan berbagi dengan orang lain. Jika anda mempunyai blog, anda akan lebih mudah sharing file kepada pengunjung anda atau orang lain lewat media penyimpanan data secara online.
Baiklah, tanpa panjang lebar, berikut cara menyimpan data anda di Google Sites.

Cara Menyimpan File di Google Sites


Menyimpan file di Google Sites merupakan alternatif bagi anda yang terbiasa berbagi file di blog anda. Bagi anda yang terbiasa menyimpan file di Google Drive, dropbox, 4shared, mediafire, ziddu, dan media penyimpanan lainnya, mungkin perlu mencoba layanan Google Sites.

Menyimpan file di Google Sites sangatlah mudah. Sama dengan layanan Google lainnya seperti Google Analityc dan Google Webmaster Tools, syarat utama untuk bisa menikmati layanan dari Google Sites adalah mempunyai alamat email dari gmail.

Setelah anda mempunyai email dari gmail, langkah selanjutnya untuk menyimpan data-data penting anda di Google Sites adalah:

#1. Masuk ke sites.google.com dan login dengan menggunakan username dan password seperti anda masuk ke alamat gmail anda.

#2. Setelah masuk ke beranda/home dari Google Sites, klik "BUAT".

Cara menyimpan file di google sites
#3. Setelah itu anda akan melihat halaman berikut:

Menyimpan file di google sites

Keterangan untuk membuat site:
  • Angka 1: pilih template yang diinginkan. Saran saya, untuk media penyimpanan file, pilih saja template kosong.
  • Angka 2: Isikan nama situs anda, misalkan "blogdikitblogspotcom" atau "filepentingsaya".
  • Angka 3: Verifikasikan bahwa anda bukan robot
  • Angka 4: Setelah semua terisi, langkah terakhir klik "Buat Situs".
#4. Setelah membuat situs, kini anda sudah bisa upload file dan menyimpannnya. Untuk memudahkan dokumentasi pengelompokkan file anda, buatlah dulu laman.

upload file di google sites

klik tombol tambah laman "+", lalu beri nama laman anda sesuai dengan pengelompokkan file anda. Misal saja: APLIKASI.

cara upload file di google sites

#5. Untuk Menyimpan File anda, klik "Tambahkan File" dan cari lokasi file yang mau disimpan. Lalu unggah.

Menyimpan file di google sites

#6. Setelah file terupload dan tesimpan di Google Sites, untuk mendapatkan link yang akan anda bagikan di blog anda atau anda bagikan ke teman anda, caranya adalah dengan klik kanan tombol download dan pilih "copy link location". Silakan pastekan di mana saja ingin anda bagikan kepada teman anda.

Cara upload dan simpan file di google sites


Demikian tadi cara mudah menyimpan file di Google Sites. Benar-benar mudah bukan?

Romeltea Media
Blogging Updated at:
Get Free Updates:
*Please click on the confirmation link sent in your Spam folder of Email*

Be the first to reply!

Post a Comment

 
back to top