Thursday, October 15, 2015

Bahaya, Bidvertiser Dianggap Malware Oleh Google

Iklan Bidvertiser Dianggap Malware oleh Google - Baru-baru ini saya mendapati salah satu blog saya dianggap malware oleh Google. Saya tidak sengaja menemukan informasi tersebut. Pada awalnya saya buka dashboard blog saya dan saya lihat pengunjung blog saya turun drastis tinggal sepersepuluhnya.

Melihat kejanggalan ini, saya buka url blog saya di browser dan kaget benar karena muncul peringatan seperti ini:

blog terkena malware

Tidak hanya itu saja, saya pun menelusuri lebih lanjut. Saya buka mesin pencarian google dan saya ketikkan keywords yang selama ini saya gunakan untuk blog saya.

Saya kaget bukan kepalang. Tulisan blog saya yang selama ini masih nongol di halaman pertama google search engine, kini sama sekali tidak kelihatan.

Saya cari di halaman satu sampai beberapa halaman berikutnya, tidak nongol juga.

Terjawablah sudah. Blog saya benar-benar dibuang oleh google. Pantas saja, saya lihat di dashbord blog saya, sumber lalu lintas blog hanya berasal dari media sosial, tidak ada satupun yang berasal dari search engine.

Saya pun akhirnya googling "cara mengatasi blog terkena virus". Hasilnya belum memuaskan dan belum menjawab.

Saya ketikkan lagi kata pencarian yang lain, lalu saya dapati ternyata bukan saya saja yang terkena penyakit ini. Blog Kompi Ajaib juga membahasnya bahwa yang empunya blog memasang iklan dari bidvertiser lalu blognya dianggap terdapat malware.

Kabar bahwa bidvertiser dianggap malware juga muncul di forum ads Indonesia. Pengalaman mereka juga sama seperti saya, mendapati pengunjung blog mereka turun drastis dan muncul tulisan merah di atas.

Jika sudah seperti ini, apa yang harus kita perbuat?

Cara Mengatasi Blog Dianggap Malware Oleh Google


Jika blog anda mengalami kasus yang sama seperti blog saya, muncul peringatan dari browser, lalu pengunjung turun drastis karena tidak muncul di mesin pencarian google, maka langkah-langkah yang harus dilakukan adalah:

1. Buang Semua Sumber Malware


Langkah pertama untuk mengatasi blog yang terdeteksi malware adalah dengan membuang semua script/kode di blog anda yang terdeteksi terdapat malware yang membahayakan. Malware-malware ini biasanya berasal dari iklan, terutama iklan berupa download.

Jika anda memasang iklan dari bidvertiser yang dianggap malware oleh google, segeralah buang kode iklan bidvertiser dari blog anda.

2. Laporakan Ke Google Untuk Review Ulang


Langkah selanjutnya setelah membuang semua sumber malware adalah mengajukan review ulang ke Google agar google tidak lagi menganggap blog anda sebagai sumber malware dan agar semua postingan anda terindeks kembali oleh google.

Caranya adalah masuk ke Google Webmaster Tools. Masuk ke properti blog anda yang ingin anda mintakan review ulang ke google.

mengatasi blog kena malware
Di menu property blog anda sebelah kiri, klik masalah keamanan, maka akan muncul tampilan halaman peringatan masalah keamanan sebagai berikut:

Mengatasi Blog terdeteksi Malware

Setelah muncul tampilan di atas, maka langkah selanjutnya centang "Saya telah memperbaiki masalah ini". Lalu klik meminta tinjauan. Pastikan sebelumnya bahwa anda benar-benar telah membuang sumber malware di blog anda.

Silakan anda tunggu kurang lebih 24 jam waktu proses yang diperlukan oleh google. Tapi biasanya dalam waktu 12 jam anda sudah melihat tanda peringatan tersebut hilang dari google webmaster.

3. Index Ulang Postingan ke Google Webmaster


Setelah mengajukan reviu ulang, perlu juga untuk melakukan index ulang agar blog anda segera terindeks kembali di mesin pencarian google dan muncul kembali di sana.

Langkahnya adalah, pilih menu "perayapan/crawling" lalu pilih submenu "ambil sebagai google/fetch as google".

cara mengatasi blog dianggap malware

Silakan pilih desktop dan juga seluler lalu klik ambil. Refresh halaman.

Setelah itu, biar lebih cepat terindeks juga oleh google, pilih juga submenu "peta situs/sitemap". Klik "tambahkan/uji peta situs" di sebelah kanan, masukkan sitemap blog anda dan klik "mengirim peta situs".

Baca Juga Cara Mudah Submit URL ke Google Webmaster Tools.

4. Berdoa


Langkah terakhir agar blog anda tidak dianggap malware lagi adalah berdoa ^_^. Mudah-mudahan dilancarkan segala urusan dan dimudahkan segala permasalahan.

Setelah blog anda direviu ulang dan disetujui oleh Google dan tidak dianggap malware lagi, maka di Google Webmaster Tools anda akan muncul tampilan berikut tanda blog anda sudah OK.



Sekian Reviu saya mengenai Bidvertiser Dianggap Malware Oleh Google, salam blogger!

Romeltea Media
Blogging Updated at:
Get Free Updates:
*Please click on the confirmation link sent in your Spam folder of Email*

17 comments so far. What are your thoughts?

  1. gan berapa lama normal lagi gan? saya sudah 24 jam masih on proses saja :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buang dulu iklan dari blog anda gan. Setelah dibuang, sudah ngajuin reviu ulang ke Google Webmasters belum? Kalau sudah ngajuin seharusnya dalam waktu 24 jam ilang. Punya saya gak sampai 24 jam udah lancar lagi

      Delete
    2. Udah ak buang dr kamren gan...gimana y? Bgg

      Delete
    3. Masuk ke Webmaster Tools lagi aja gan, Minta Reviu Ulang lagi, sampaikan bahwa malware sudah dibuang. Tadi saya buka blog agan masih muncul peringatan malware

      Delete
    4. kalau masih "dalam proses gak bisa kok gan" pusing gan2

      Delete
    5. tunggu 24 jam lagi gan hehehe. Bidvertisernya ganti RevenueHits aja gan. Aman. lebih gede juga komisinya

      Delete
  2. Sudah bs kykny gan? Hee..revenue hits itu cpm juga y gan? Kok blog ini g da iklannya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan tadi siang saya liat gak ada masalah lagi sama blog agan. RevenueHits gabungan CPM, PPC, dan CPA gan. Bisa lihat postingan saya tentang Penghasilan dari RevenueHits.

      Blog ini masih baru gan, pengunjungnya masih kecil. Masih fokus ngisi artikel dulu

      Delete
  3. Iya nih ak coba lmgsung pasang...kalo pop under tanggung nih popcash sbentar lg payout ..he ak bru cb pasang banner dl...btw selain Revenuehits kira2 apalagi gan? Heeee share donk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya masih prefer RevenueHits sih gan dibanding yang lain. Pernah pakai KlikSaya, lama-lama penghasilan turun drastis, karena dia kan pakai unik visitor, kalau udah pernah klik, gak akan dihitung penghasilan lagi untuk IP yang sama.

      Perbandingannya jauh sama RevenueHits, makanya saya saat ini cuma pakai revenuehits

      Delete
    2. pasang iklan yang model gimana gan? wah sementara ini ak lepas dulu revenuehitnya. kalau boleh tau blog agan mana yang di pasangi iklan revenuehits biar saya bisa lihat? kemarin sempat pasang sehari tapi ak lepas dulu nunggu popcash payout, btw ak blm tahu bayaran revenuehits sebesar apa.

      Delete
    3. searching di google "tpp provinsi riau" salah satu blog yang muncul blog saya yang pakai revenuehits gan. bagusnya pasang di atas dan bawah postingan, footer, sama slider.

      postingan saya jg ada yg membahas memaksimalkan penghasilan revenuehits.

      saya pernah pakai popads juga gan, lebih gedean RevenueHits. Kalau popcash saya belum tahu. Kalau baru masang sehari emang belum kelihatan gan. Coba dulu selama 8 hari

      Delete
  4. Oke gan. Btw apa pop under dari revhits ga membabi buta gan? Kayak popads? Kasian pengunjung juga sih kadang hee..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pop under muncul tiap ada klik di halaman blog. Beda sama popcash, satu IP hanya 1 kali muncul. Tapi kayaknya gak ganggu amat kali ya ^_^

      Delete
  5. Kirim juga laporan ke admin bidvertiser supaya blog kita masuk dalam white list publisher mereka... saya pake bidvertiser sudah 3 tahun aman....

    ReplyDelete
  6. yang memblacklist google bukan bidvertisernya gan. Saya cuma nyapai 2dollar saja di bidvertiser, jauh dengan revenuehits

    ReplyDelete
  7. nice share gan, mapir di blog download karaoke gua ya
    http://youneedme.xyz/

    ReplyDelete

 
back to top