Sunday, March 13, 2016

Cara Membeli Domain di RumahWeb, Panduan Lengkap Bagi Pemula

Cara Membeli Domain di RumahWeb, Panduan Lengkap Bagi Pemula - Seperti telah saya ceritakan sebelumnya pada tulisan saya Tempat Membeli Domain Lokal Murah Terbaik, saya telah dua kali membeli domain atau sewa domain di rumahweb. Alhamdulillah, dua-duanya lancar dan dapat diterapkan dengan lancar juga, tanpa ada tipu-menipu.

Jika anda telah membaca tulisan saya  tentang tempat membeli domain di atas, tentunya anda sudah bisa membandingkan berbagai harga domain di 13 penyedia domain lokal yang saya sebutkan. Anda bisa memilih penyedia domain mana yang menawarkan domain paling murah.

Jika anda menjumpai bahwa harga sewa domain di rumahweb adalah yang paling murah, maka anda dapat membaca panduan membeli domain di rumahweb ini.

rumahweb

Perlu diketahui, pada saat menampilkan harga, banyak tertulis harga domain yang menipu. Sebagai contoh, pada saat mengecek ketersediaan domain, di situ tertulis, misalkan harga domain untuk blogdikit.com Rp110.000,- per tahun.

Faktanya, pada saat final deal, harganya berubah menjadi misalkan Rp141.000,- per tahun dikarenakan dikenakan tambahan PPN sebesar 10% dan juga biaya pengamanan privasi di whois.

Oleh karena itu, pastikan dulu harga finalnya. Jangan tertipu dengan tawaran harga awal yang terlihat murah, dan akhirnya malah jadi mahal setelah benar-benar memesan.

Baiklah sahabat blogger sekalian, bagi anda yang masih pemula, yang pertama kali baru mau sewa domain untuk custom domain blogspot anda, berikut ini panduan membeli domain di rumahweb.

Panduan Sewa Domain di Rumahweb

Rumahweb mempunyai dua kantor yaitu kantor di Tanah Abang, Jakarta dan di Sleman, Yogyakarta. Rumahweb merupakan penyedia domain sekaligus hosting. Jika anda hanya ingin sewa domain tanpa sewa hosting pun tak masalah.

Rumahweb juga sering memberikan tawaran menarik kepada pelanggannya. Akhir-akhir ini, ada tawaran menarik berupa sewa domain .id gratis dari rumahweb. Ada juga promo beli domain .com gratis .click. Silakan sering-sering saja buka situs resminya untuk mendapatkan promo-promo menarik lainnya.

Untuk pembayaran di rumahweb juga cukup mudah, yaitu dengan cara transfer bank ke rekening a.n Yusuf Nurrachman. Ada beberapa bank yang digunakan yaitu BCA, Mandiri, BNI, CIMB Niaga, dan Maybank.

Jika anda ingin menggunakan paypal, rumahweb menerima juga pembayaran sewa hosting dan domain menggunakan akun paypal.

Untuk memesan domain di rumahweb, berikut ini langkah-langkahnya:

#1. Silakan kunjungi halaman rumahweb.com

#2. Pertama-tama anda harus mengecek ketersediaan domain, apakah domain yang akan anda gunakan sudah digunakan oleh orang lain atau belum. Di kanan atas halaman home rumahweb.com, silakan ketikkan nama domain yang anda inginkan dan klik cek, seperti contoh berikut:

cek ketersediaan domain

#3. Akan muncul jendela popup apakah domain tersedia atau tidak. Jika tersedia, akan ada dua pilihan. Pilih saja pesan saja (jika anda hanya ingin sewa domain saja tanpa hosting) lalu klik pesan.

pesan domain saja

#4. Selanjutnya akan ditampilkan beberapa domain dengan masing-masing harga sewa per tahunnya. Silakan pesan domain mana yang anda pilih. Contohnya blogdikit.com ini harga sewanya Rp115.000,- per tahun.

harga domain di rumahweb

#5. Akan muncul lagi jendela popup pesan domain. Harga domain yang tadinya cuma Rp115.000,- berubah menjadi Rp125.000,- karena ditambahkan biaya privacy protection sebesar Rp10.000,- per tahun. Jika anda tidak ingin menambah biaya privacy protection dapat menonaktifkannya dengan mengklik "lindungi privacy saya" sebagai berikut:

biaya privacy protection rumahweb

Saran saya, pilih saja menggunakan biaya privacy protection untuk keamanan dengan biaya hanya Rp10.000,- per tahun. Setelah itu, klik "Lanjutkan".

#6. Akan muncul lagi jendela popup untuk menambahkan domain lainnya. Jika anda hanya ingin pesan satu domain saja, yaitu domain yang tadi anda pilih, klik "Lanjutkan" di halaman paling bawah.

#7. Lagi-lagi anda akan ditawarkan produk lain oleh mereka yaitu apakah anda ingin sewa hosting sekalian atau tidak. Jika hanya ingin sewa domain saja, langsung saja menuju halaman paling bawah di sebelah kanan dan klik "Saya tidak membutuhkan hosting".

tidak membutuhkan hosting

#8. Setelah itu, masih ada tawaran lagi berupa Google Apps dengan biaya Rp70.000,-. Klik saja "Lanjutkan".

tawaran google apps

#9. Langkah selanjutnya akan muncul cart belanja anda. Jika anda punya kode kupon promo silakan masukkan kode promo, lalu klik coupon code. Jika tidak punya langsung klik saja "check out".

check out pesanan

#10. Persetujuan pelanggan, Klik saja "Setuju".

#11. Jika anda pernah membeli domain atau hosting di rumahweb, anda bisa langsung saja login menggunakan email yang pernah anda daftarkan. Jika anda baru pertama kali, klik "Buat Akun Baru".

buat akun baru

#12. Silakan isi data-data yang diminta dengan benar lalu klik "Daftar".

#13. Selanjutnya pilih metode pembayaran apakah menggunakan online atau transfer bank. Misalkan saya pilih transfer bank mandiri, lalu klik "Lanjutkan Pembayaran". Jika transfer bank yang anda pilih, nantinya anda harus konfirmasi pembayaran.

pilih metode pembayaran

#14. Silakan cek email anda, anda akan menerima email dari rumahweb tentang pembayaran pesanan anda. Silakan anda transfer sejumlah uang yang ditagihkan melalui email. Setelah anda bayar, anda harus konfirmasi pembayaran melalui link konfirmasi yang dikirimkan ke email anda.

Selamat. Anda telah berhasil membeli domain di rumahweb. Langkah selanjutnya tinggal menghubungkan domain anda dari rumahweb ke blogger/blogspot.

Romeltea Media
Blogging Updated at:
Get Free Updates:
*Please click on the confirmation link sent in your Spam folder of Email*

Be the first to reply!

Post a Comment

 
back to top