Saturday, August 15, 2015

4 Cara Mudah Submit URL Postingan Blog ke Google Webmaster Tools

Cara Submit URL Postingan Blog ke Google Webmaster Tools - Saat kita membuat sebuah postingan di blog kita, lalu kita terbitkan, belum tentu pada saat itu juga mesin pencari google mengindeks postingan baru kita. Terkadang membutuhkan waktu yang lama sampai postingan kita muncul di mesin pencari google.

Oleh karena itu, jika kita ingin postingan kita segera mungkin muncul di mesin pencari google, maka langkah ini penting untuk selalu kita lakukan setelah memposting sebuah tulisan agar postingan baru kita segera terindeks oleh mesin pencari google.

Setelah menerbitkan tulisan di sebuah blog, maka sesegera mungkin kita submit URL tulisan baru tersebut ke google webmaster tools. Tujuannya seperti saya sebutkan di atas, supaya langsung terbaca oleh mesin pencari google.

Cara Submit URL Postingan Baru ke Google Webmaster Tools


Ada 4 cara submit URL Postingan Baru kita ke Google Webmaster Tools. Keempat cara tersebut dapat diuraikan sebagai berikut:

1. Submit URL ke Google Webmaster Tools lewat www.google.com/addurl


Submit URL Postingan baru di blog kita dengan menggunakan cara ini sangat mudah, sama sekali tidak ada kesulitan. Pertama-tama silakan kunjungi dulu www.google.com/addurl.

Setelah itu akan muncul tampilan seperti di bawah ini:

Submit URL ke Google Webmaster Tools
Copy URL postingan kita lalu pastekan di kolom isian URL seperti gambar di atas, lalu isikan angka/huruf untuk captcha dan terakhir klik submit request. Silakan tunggu beberapa saat sampai proses selesai. Selamat, postingan sudah terindeks oleh mesin pencari google.

Untuk mengecek apakah postingan sudah terindeks atau belum, caranya adalah buka www.google.com lalu pastekan URL postingan baru kita lalu search. contohnya:

submit url ke google webmaster
Jika sudah muncul berarti URL kita sudah terindex.

2. Submit URL melalui menu Crawl Google Webmaster Tools


Cara yang kedua untuk submit URL Postingan blog ke Google Webmaster Tools adalah menggunakan menu yang ada di Google Webmaster Tools.

Pertama-tama masuk dulu google webmaster tools. Lalu klik nama blog kita maka akan muncul menu-menu di sebelah kiri.


Klik menu "crawl", "Fetch as Google", lalu isikan URL Blog kita dan terakhir klik FETCH. tunggu beberapa detik agar halaman url kita diambil oleh google.

Langkah selanjutnya klik "submit to index" dan selanjutnya "crawl only this url" dan tekan "Go". Silakan tunggu dan selamat, tulisan kita telah terindeks.

3. Submit URL dengan Add Sitemaps di Google Webmaster Tools


Cara yang ketiga untuk submit URL postingan baru kita adalah hampir sama dengan cara 2 di atas. Masuk dulu ke Google Webmaster Tools seperti cara 2 di atas, klik menu Crawl, lalu klik Sitemaps.

Lalu klik "Add/Test Sitemap" di kanan atas, lalu isikan sebagai berikut:
Add Sitemap
klik "Submit sitemap" lalu klik "refresh the page". Selesai. Postingan sudah terindex.

4. Submit URL melalui Ping Sitemap


Cara terakhir untuk submit URL Postingan baru blog kita adalah dengan Ping Sitemap. Caranya sebagai berikut
  • Buka browser dan masukkan URL berikut: http://www.google.com/webmasters/sitemaps/ping?sitemap=<isikan sitemap kita di sini>. Contohnya http://www.google.com/webmasters/sitemaps/ping?sitemap=http://kang-jum.blogspot.com/sitemap.xml
  • Setelah itu "Enter" maka akan muncul:

Demikian tadi 4 cara submit URL Postingan baru blog kita agar cepat diindeks oleh google. Perlu saya jelaskan bahwa cara tersebut tidak menjamin blog kita nongkrong di halaman pertama mesin pencarian google. Untuk nongkrong di posisi pertama halaman google maka kita harus belajar SEO.

Romeltea Media
Blogging Updated at:
Get Free Updates:
*Please click on the confirmation link sent in your Spam folder of Email*

1 comments so far. What are your thoughts?

 
back to top